Tugas 3 - Projek Charter
PROJECT
CHARTER
Anggota Kelompok :
Juwita Kartika Rani
(05111840000051)
Salsabila Harlen (05111840000127)
1.
General Project Information |
|
Project Name |
Pembangunan Aplikasi
Tracking Barang J&T Express Indonesia |
Project
Number |
PRPL/2019/III/02 |
Date |
17 Maret 2020 |
Revision
Number |
1.0 |
2.
Project Description and Goals |
|
J&T Express Indonesia merupakan
salah satu perusahaan logistik di
Indonesia yang memiliki peran
untuk menggerakkan paket seperti produk retail, materil bangunan, dan kendaraan. Pengguna setia jasa J&T Express
Indonesia telah memberi kepercayaan terhadap jasa pengiriman J&T Express
Indonesia. Oleh karena itu, J&T Express Indonesia memiliki
tanggung jawab penuh atas sampainya
barang ke pemilik, dengan keadaan utuh. Aplikasi tracking barang
J&T Express Indonesia akan memecahkan
beberapa tantangan dari pihak J&T dan klien, sebagai berikut: ·
Dibutuhkan perhitungan ketepatan waktu yang akurat untuk mengirim suatu barang. ·
Dibutuhkan untuk memonitor perputaran barang dari cabang, gudang, hingga ke alamat tujuan. ·
Dibutuhkan pencatatan progress paket yang dikirim. ·
Dibutuhkan pemberitahuan status dan informasi keberadaan barang (gudang, sortir, pengiriman, dan lain sebagainya). Tujuan proyek
ini adalah membangun aplikasi tracking barang untuk melacak informasi dan status keberadaan barang yang dikirim. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan pelanggan tidak perlu takut
dan khawatir mengenai barang yang dikirim melalui jasa pengiriman barang J&T Express Indonesia karena
akan tersedia fasilitas dimana pelanggan dapat melakukan monitoring progress dari
barang yang dikirim terhitung sejak barang masuk kemudian diproses sampai ke tempat
tujuan. |
|
3.
Risk |
|
Risiko dari
Aplikasi Tracking Barang ini telah diidentifikasi.
Project manager akan menentukan
dan menerapkan strategi-strategi untuk meminimalkan kemungkinan risiko. Adapun risiko yang mungkin terjadi sebagai berikut: 1.
Terjadinya kebocoran data 2.
Terjadinya pemalsuan data akibat
kesalahan manusia pada saat entry data 3.
Terjadinya bug pada saat
proses perjalanan aplikasi
yang tidak sesuai dengan caranya 4.
Waktu pengerjaan proyek
yang terlambat dari rencana yang sudah dibuat |
|
4.
Deliverable |
|
Penjelasan dari dokumen ini meliputi
SDLPN(Software Development Plan), SRS(Software Requirements Specification), SAD(Software Architecture Development), TSTPLN(Test Plan), dan
User Documentation serta hasil dari
perencanaan. ·
Software Development Plan Menjelaskan tentang perancangan aplikasi yang akan dibuat. Rancangan aplikasi tesebut meliputi pendahuluan dokumen, gambaran umum proyek, struktur organisasi proyek, proses manajemen, perencanan proses teknis, dan rencana proses pendukung. ·
Software Requirements Specification Menjelaskan berbagai macam kebutuhan aplikasi, yaitu kebutuhan fungsionalitas terdiri dari input, proses, dan output,
serta kebutuhan non-fungsionalitas. Kebutuhan antar muka (interface) juga dijelaskan dalam dokumen ini, berisi kebutuhan antar pengguna, antar hardware, antar software, dan kebutuhan antar komunikasi. ·
Software Architecture Development Menjelaskan arsitektur
proyek perangkat lunak yang dikerjakan. Berisi overview dokumen, Architectural Representation, Architectural Goalsand
Constraints, Use Case View, dan Logical View. ·
Test Plan Menjelaskan tujuan-tujuan identifikasi informasi proyek dan komponen perangkat lunaknya, daftar persyaratan yang diujikan untuk testing, rekomendasi
strategi pengujian, identifikasi kebutuhan yang diperlukan, dan daftar lampiran terkait. ·
User Documentation Berisi dokumentasi dari
perangkat lunak yang dibangun, panduan dalam menggunakan perangkat lunak untuk mencapai tujuan, panduan dalam memecahkan masalah, panduan interaksi antara user dengan sistem. ·
Source Code Berisi dokumentasi dari
program yang dibangun yang disimpan
di github repository. ·
Training User Berisi dokumentasi dari
pelatihan untuk user. ·
Guide Berisi dokumentasi dari
panduan perangkat lunak yang dibangun, panduan dalam menggunakan perangkat lunak untuk mencapai
tujuan, panduan dalam memecahkan masalah, panduan interaksi antara user dengan sistem . |
|
5.
Scope Definition |
|
Kebutuhan fungsional
: 1.
Sistem harus dapat menunjukan informasi dan status checkpoint
barang yang sedang dikirim ke pelanggan 2.
Sistem dapat mencatat pergerakan barang Kebutuhan nonfungsional: 1.
Sistem berbasis web dan mobile 2.
Sistem dapat diakses di wilayah seluruh indonesia 3.
Sistem memiliki performa yang tinggi 4.
Adanya back up plan untuk
mitigasi kehilangan data 5.
Sistem mudah dioperasikan bagi seluruh kalangan masyarakat |
6. Project Milestones |
||||
Project Milestone |
Deliverables |
Start Date |
End Date |
Confidence Level |
Analisa dan
desain sistem |
Statement of Purpose, event
list, dan context diagram |
01 April 2020 |
04 April 2020 |
High |
Data Flow Diagram (DFD) |
05 April 2020 |
08 April 2020 |
||
Entity Relationship Diagram
(ERD) |
09 April 2020 |
12 April 2020 |
||
Process specification |
13 April 2020 |
17 April 2020 |
||
Dokumentasi analisa, dokumentasi kebutuhan, dan desain sistem |
18 April 2020 |
22 April 2020 |
||
Desain aplikasi
|
Dokumentasi desain aplikasi
dan prototype |
14 April 2020 |
30 April 2020 |
High |
Pembuatan program |
Aplikasi Tracking Barang |
01 Mei 2020 |
01 Juni
2020 |
High |
Dokumentasi program |
02 Juni
2020 |
07 Juni
2020 |
||
Testing program |
Dokumentasi testing program |
08 Juni
2020 |
15 Juni
2020 |
High |
Instalasi program |
Setting infrastruktur
dan software pendukung |
17 Juni
2020 |
18 Juni
2020 |
High |
Instalasi program ke client |
18 Juni
2020 |
20 Juni
2020 |
||
Training user |
Pelatihan |
25 Juni
2020 |
26 Juni
2020 |
Medium |
Dokumentasi |
-
Dokumentasi spesifikasi sistem
-
Dokumentasi SOP -
Dokumentasi administrasi proyek
- Dokumentasi user dan
admin guide -
Dokumentasi manajemen proyek
|
01 Mei 2020 |
20 Juni
2020 |
High |
Maintenance |
Pemeliharaan dan perbaikan
sistem |
27 Juni
2020 |
15 Juli
2020 |
High |
Administrasi |
Administrasi proyek dan dokumentasi |
01 April 2020 |
10 Juli
2020 |
High |
7. Budget Summary |
|
Project
Component |
Component
Cost |
Analisa dan desain sistem |
Rp 58.000.000,00 |
Desain aplikasi |
Rp 17.000.000,00 |
Pembuatan program |
Rp 270.000.000,00 |
Testing program |
Rp 5.000.000,00 |
Instalasi program |
Rp 5.000.000,00 |
Training user |
Rp 4.000.000,00 |
Dokumentasi |
Rp 18.500.000,00 |
Maintenance |
Rp 28.000.000,00 |
Administrasi |
Rp 9.000.000,00 |
Total |
Rp 414.500.000,00 |
8. Constraints Assumptions and Dependencies |
Asumsi-asumsi untuk sistem
adalah pengerjaan proyek dilakukan pada jam kerja. Batasan-batasan untuk sistem
ini sebagai berikut: 1.
Pelanggan hanya bisa melakukan operais read data. 2.
Admin bisa melakukan operasi insert, update, dan
delete data. 3.
Aplikasi tidak menginformasikan
full rute secara realtime. 4.
Status dan informasi keberadaan barang yang dikirim mencakup di wilayah Indonesia saja. 5. Informasi paket
tidak bisa diakses oleh publik. Hanya pelanggan yang memiliki kode pengiriman bisa mengakses. 6. Aplikasi hanya
mampu tracking barang
yang sudah diinput datanya oleh pegawai J&T Express Indonesia. 7.
Teknologi stack kemungkinan menggunakan
open source software/library. 8. Fitur yang akan
diterapkan pada proyek adalah sesuai dengan permintaan stakeholder yang telah
disepakati sebelumnya. 9. Proyek berjalan
sesuai anggaran yang telah disediakan dan sesuai dengan
dokumen kebutuhan yang telah disepakati. Bila ada kebutuhan
yang ingin dibuat namun belum terdapat
pada dokumen kebutuhan, maka akan ditunda dan dilanjutkan pada proyek selanjutnya.
|
9. Project Organizational Structure |
|||
Function |
Name |
Telephone |
Roles |
Project
manager |
Juwita Kartika
R |
+62847-7201-2280 |
Menjadwalkan pelaksanaan
dan manajemen proyek Memantau kinerja
pelaksanaan proyek dari analisis hingga implementasi Membuat dokumen
Software Development Plan yang mendifinisikan rencana proyek |
System
analyst |
Salsabila
H |
+62834-6149-3677 |
Menganalisa
proses bisnis Mendefinisikan prosedur
yang ada pada sistem Membuat dokumen
dan sistem flow Membuat dokumen
Software Requirements Specification yang mendefinisikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak |
Database
specialist |
Juwita Kartika
R |
+62840-3636-5305 |
Merencanakan, mengembangkan dan
melakukan pemeliharaan sistem database |
Programmer |
Salsabila
H |
+62853-1229-4468 |
Membuat aplikasi yang telah
dirancang dan direncanakan |
Juwita Kartika
R |
+62830-3339-0125 |
||
Network
engineer |
Salsabila
H |
+62862-9563-2526 |
Melakukan instalasi
hardware dan software dalam
jaringan Melakukan instalasi, konfigurasi,
dan perawatan layanan jaringan (network
services) dan perangkat jaringan |
Technical
support |
Juwita Kartika
R |
+62869-9500-8525 |
Melakukan instalasi, evaluasi
dan peningkatan terhadap komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan (network
system) yang digunakan oleh
user Melakukan pengecekan dan
perbaikani bila sewaktu-waktu ada masalah pada jaringan komputer user |
Administration |
Salsabila
H |
+62878-3626-0136 |
Membuat dan melakukan verifikasi bukti-bukti pekerjaan Membuat laporan
akutansi proyek dan menyelesaikan perpajakan
serta retribusi |
Documentation |
Juwita Kartika
R |
+62872-0546-2226 |
Kontrol keselarasan dan
kelengkapan seluruh dokumen Membuat user guide software |
10. Project Authorization |
|
|
|
Function |
Name |
Date |
|
Project Owner |
Juwita Kartika
R |
17 Maret 2020 |
|
Project Sponsor |
Salsabila H |
17 Maret 2020 |
|
Project Manager |
Salsabila H |
17 Maret 2020 |
Komentar
Posting Komentar